November 1, 2012

10 Kunci Sukses Belajar

Begitu mendengar kata "belajar", seringkali kita jadi terbebani. Soalnya susah dan bikin kita tambah engga ngerti :( Tapi, jangan-jangan selama ini, cara belajar kita yang salah. Berikut adalah 10 tip belajar efektif yang bisa diterapkan.

  • Fokus. Ini yang terpenting. Untuk menghilangkan gangguan yang merusak konsentrasi, kita harus belajar seperti berani menolak teman semeja yang mengajak ngobrol.
  • Menangkap Point. Saat guru menjelaskan, simak dan cobalah menangkap poin penting dari pelajaran tersebut, lalu catat.
  • Membuat Pertanyaan. Kalau sudah bisa fokus menyimak pelajaran, biasanya kita jadi lebih kritis sama penjelasan guru. Jika ada yang ga ngerti, jangan ragu untuk bertanya.
  • Mengulang. Ulangi pelajaran yang hari ini kita terima, dengan membacanya kembali begitu sampai di rumah. Pengulangan ini dilakukan supaya kita benar-benar paham dan lebih mudah mengingat isinya.
  • Membaca dengan Keras. Untuk memudahkan kita menyerap apa yang kita baca, coba suarakan sampai telinga kita mendengarnya dengan jelas. Sesuatu yang terdengar oleh telinga, akan dua kali lebih bisa kita ingat dengan baik. Karena, terekam juga oleh mulut, telinga, dan otak.
  • Tulis Ulang. Tulis ulang pelajaran yang sudah kita terima dengan cara yang nyaman menurut kita sendiri. Misalnya, menulis ulang keseluruhan pelajaran dengan bahasa kita sendiri atau hanya membuat intinya saja. Pastikan saat membaca pointer tersebut, kita juga bisa mendeskripsikannya dengan baik.
  • Cek Kembali. Setelah menulis dan membaca ulang, biasanya kita bakal menemukan beberapa poin yang kurang kita pahami atau engga yakin pemahaman kita benar. 
  • Berbagi. Bagikan hasil belajar kita ke siapa pun yang kita temui. Misalnya dengan cerita atau membahasnya dengan orang tua, kakak/adik, teman, dll. Dengan bercerita, kita sekaligus menguji pemahaman kita terhadap pelajaran. Jika memahaminya dengan baik, maka kita pasti menjelaskannya dengan baik pula.
  • Berdiskusi. Kalau merasa punya kesulitan memahami pelajaran tertentu, coba cari teman yang memiliki masalah yang sama. Ajak mereka bikin kelompok belajar untuk mendiskusikannya. Jangan lupa untuk mengajak teman yang lebih pintar sebagai tempat bertanya dan menemukan jawaban.
  • Merubah Gaya Belajar. Jangan ragu untuk mencoba berbagai gaya belajar yang bisa membuat kita mudah memahami pelajaran. Pastikan kita menemukan gaya belajar yang membuat kita betah . Karena akan membuat kita lebih mudah mencerna pelajaran. Selamat belajar! :D

No comments:

Post a Comment